STYLE OPTIONS

10 Predefined Color Schemes

CHOOSE YOUR COLOR SKIN


CHOOSE YOUR LAYOUT STYLE

Patterns for Boxed Version

Images for Boxed Version


×

Penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) Tahap IV, Membantu Masyarakat Terdampak Covid-19

berita 16 kali 02 Sep 2020 12:09:05


DALUNG (28/08/2020) – Cepatnya penyebaran virus ini memberikan dampak buruk bagi tatanan hidup umat manusia. Tidak hanya melumpuhkan pertumbuhan di sektor perekonomian dan kesehatan, tapi juga menurunkan pendapatan pemerintah di bidang pariwisata, khususnya di Bali. Banyak perusahaan yang gulung tikar dan terpaksa melakukan pemberhentian kerja (PHK) kepada para karyawannya. Penyaluran bantuan sosial tunai (BST) tahap IV ini yang dapat mengurangi beban ekonomi masyarakat yang disalurkan kembali oleh Pemerintah Desa Adat Dalung yang merupakan bantuan yang bersumber dari Kementerian Sosial Republik Indonesia, tempat berlangsunya BST yang berlokasi di GOR Bina Raga Dalung dari pukul 08.00 sampai selesai.


Keadaan pada selama masa pandemi sampai menuju new normal ini para masyarakat tidak memiliki penghasilan yang tetap, namun pengeluaran dalam membeli kebutuhan pokok terus meningkat. Sasaran penerima BST adalah keluarga miskin yang non Program Keluarga Harapan (PKH)/Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Non Kartu Prakerja antara lain kehilangan mata pencaharian atau pekerjaan, belum terdata (exlusion error) dan mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun/kronis. KK miskin yang menerima bantuan tidak boleh menerima bantuan sebanyak dua kali. Di sela-sela kegiatan penyaluran BST ini mengikutsertakan jurnalis desa dalam melaksanakan peliputan atau pengambilan dokumentasi di kegiatan tersebut. Tim jurnalis yang biasa dikenal dengan KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) membagi tugas dalam proses peliputannya, ada yang mengambil gambar (merekam atau memvideokan), ada yang melaksanakan wawancara dengan narasumber (pejabat pemerintahan dan masyarakat penerima BST).


Ka.Si Kesejateraan Masyarakat Desa Dalung I Wayan Gede Trinia Wijaya, S.E mengatakan penyaluran Bantuan Sosial Tunai di Desa Dalung yang sebelumnya diterima 443 KK menjadi 434 KK yang terbagi di 23 banjar dinas di Desa Dalung, kegiatan penyaluran BST ini dilakukan oleh perwakilan PT. Pos Indonesia yang ditunujuk Kementerian Sosial Republik Indonesia. Penyaluran BST di Desa Dalung sudah memasuki periode kedua dimana BLT ini diberikan Rp. 300.000 selama 2bulan. Mengenai teknis dari penyaluran BST ini PT. Pos Indonesia berkoordinasi dengan Desa (Bidang Kesejahteraan Masyarakat) berkoordinasi juga kepada masing-masing kelian dinas dari hasil verifikasi yang telah diterima dari Pusat kepada Pemerintah Desa, selanjutnya masing-masing kelian dinas memberikan informasi kepada warga penerima, guna mencegah kerumunan juga mengatur pembagian jam kedatangan. “Semoga melalui BST ini bisa mengurangi beban masyarakat khususnya di Desa Dalung, wabah ini cepat berakhir dan kondisi bisa kembali pulih,”. Pungkasnya.


BST yang dilakukan pada tahap ke-4 ini sangat bermanfaat dan kita juga sangat mengharapkan yang terbaik untuk membantu masyarakat, pada bantuan BST ini seperti bantuan BLT walaupun bantuannya tidak terlalu besar nominalnya tetapi Pemerintah sudah memperhatikan masyarakat kita untuk bantuan ini. “Harapan saya agar bantuan ini BST yang ke-4 yang diterima masyarakat bisa dipergunakan untuk kebutuhan yang sangat mendesak.” Pungkasnya. (KIMDLG-019).

Share | | | |

Tags: Dalung Kabupaten Badung

Comment Form is loading comments...
READ NEWS
Tgl : 01 Oct 2020 | Jam : 10:10:20
Ida Ratu Niang Sakti, Pemurah ...

laptop acer

Penawaran Rp.40,000,000.00
  • Dikunjungi oleh : 416255 Org
  • IP address : 18.208.202.194
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
Tanggal Login: 01-10-2020
Sekilas Tentang Dalung ( 5000k liked)

Type your best E-mail Address