STYLE OPTIONS

10 Predefined Color Schemes

CHOOSE YOUR COLOR SKIN


CHOOSE YOUR LAYOUT STYLE

Patterns for Boxed Version

Images for Boxed Version


×

Purnama Sasih Ketiga, Pemelaspasan Pos Keamanan Terpadu Desa Dalung

berita 15 kali 05 Sep 2020 11:09:54


DALUNG (03/09/2020) – Kata Purnama berasal dari kata “purna” yang artinya sempurna. Purnama dalam kamus umum Bahasa Indonesia berarti bulan yang bundar atau sempurna (tanggal 14 dan 15 kamariah). Pemujaan dimaksudkan saat purnama ini ditujukan kehadapan Sanghyang Candra, dan Sanghyang Ketu sebagai dewa kecemerlangan untuk memohon kesempurnaan dan cahaya suci dari Ida Sanghyang Widhi Wasa dalam berbagai wujud Ista Dewata. Biasanya pada hari suci purnama ini disebutkan umat Hindu menghaturkan Daksina dan Canang Sari pada setiap pelinggih dan pelangkiranyg ada di setiap rumah.


Pada umumnya di kalangan umat Hindu, sangat meyakini mengenai rasa kesucian yang tinggi pada hari Purnama, sehingga hari itu disebutkan dengan kata ”Devasa Ayu”. Oleh karena itu, setiap datangnya hari-hari suci yang bertepatan dengan hari Purnama maka pelaksanaan upacaranya disebut, ”Nadi”. Tetapi sesungguhnya tidak setiap hari Purnama disebut ayu tergantung juga dari Patemon dina dalam perhitungan wariga


Bertepatan dengan Rahina Purnamaning Sasih Ketiga, Pemerintah Desa Dalung menggelar upacara pemelaspasan Padma Pos Keamanan Terpadu Desa Dalung yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Badung I Wayan Wirya, S.E, M.Si, Sekretaris Dinas Damkar I Nyoman Suardana, S.Pd, Perbekel Dalung I Gede Putu Arif Wiratya, S.Sos, Sekretaris Desa Dalung I Made Trimayasa, S.E beserta beberapa perwakilan perangkat desa dalung. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 (menggunakan masker, mencuci tangan dan menyediakan handsanitizer) kegiatan upacara pemelaspasan berjalan dengan khidmat dan lancar.


Ka.Dis Damkar Kabupaten Badung mengatakan Pos Keamanan Terpadu Desa Dalung ini yang pembangunannya rampung pada bulan Agustus lalu, nantinya akan ditempati oleh Para Personil Pemadam Kebakaran Kabupaten Badung yang berada dibawah UPT. Badung Utara sebagai upaya untuk lebih memaksimalkan lagi respon time disaat terjadinya musibah kebakaran.


Sementara itu dihubungi melalui telepon Perbekel Dalung mengatakan adanya Pos Keamanan Terpadu Desa Dalung ini guna meningkatkan komunikasi serta koordinasi khususnya dengan Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Badung yang akan membantu masyarakat di Desa Dalung maupun Kuta Utara ditengah padatnya jumlah penduduk, ketika ada kejadian kebakaran lebih cepat dan mudah untuk ditangani. “Mudah-mudahan dengan adanya Pos Keamanan Terpadu menjadi quick respon contohnya jika ada kebakaran sehingga tidak merembet atau cepat dipadamkan,”. Tutupnya. (KIMDLG-002).

Share | | | |

Tags: Dalung Kabupaten Badung

Comment Form is loading comments...
READ NEWS
Tgl : 01 Oct 2020 | Jam : 12:10:49
Ida Ratu Niang Sakti, Pemurah ...

Iphon 5

Penawaran Rp.2,000,000.00
  • Dikunjungi oleh : 416450 Org
  • IP address : 18.208.202.194
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
Tanggal Login: 01-10-2020
Sekilas Tentang Dalung ( 5000k liked)

Type your best E-mail Address