STYLE OPTIONS

10 Predefined Color Schemes

CHOOSE YOUR COLOR SKIN


CHOOSE YOUR LAYOUT STYLE

Patterns for Boxed Version

Images for Boxed Version


×

Visual, Verbal dan Vocal Modal Awal Memahami Public Speaking

berita 1505 kali 09 Oct 2020 06:10:40


DALUNG (08/10/2020) – Psikolog Dewi Pradnyanitya, S.Psi dalam rangka Pengembangan Kapasitas Melalui Workshop Bagi Penggiat Anti Narkoba di Dunia Usaha/Swasta dan Media dengan melibatkan perwakilan admin media sosial Instagram se-Kabupaten Badung yang tergabung dalam The Netizen Badung (TNB), Bertempat di Swiss-BellHotel Segara Nusa Dua berkesempatan menyampaikan materi mengenai Public Speaking, acara yang dihadiri juga oleh Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Badung AKBP. I Nyoman Sebudi, dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Badung dr. I Nyoman Gunarta, Perwakilan Kejaksaan Negeri Kabupaten Badung Anak Agung Made Surja Teja Buana, SH. MH. dimana kegiatan ini dimulai pukul 09.00-16.00 WITA, sosialisasi ini sebagai tindak lanjut memberikan informasi kepada masyarakat tentang bahaya penyalahgunaan narkoba melalui media sosial, sebagai langkah awal karena di era modernisasi ini peran media sosial sangatlah penting, salah satunya Instagram yang notabene bisa merangkul ribuan bahkan ratusan ribu follower.


Dalam penyampaiannya ia menuturkan public speaking merupakan sesuatu hal yang penting untuk kita, karena pada dasarnya public speaking ini dalam profesi apapun diperlukan. Publik speaking ialah sebuah pesan yang kita sampaikan baik itu secara public ataupun secara personal, public speaking juga ada berbagai macam seperti seminar, moderator, MC, berbicara dengan client dll. Public speaking bukan hanya skill untuk orang-orang tertentu, bukan juga bakat dari lahir, kemudian orang-orang ekstrovet maupun introvert tidak menentukan. Padahal, public speaking merupakan salah satu kemampuan yang penting untuk dikembangkan. Pemimpin organisasi pasti dituntut untuk berbicara di hadapan banyak orang dalam berbagai kesempatan. Dalam dunia kerja pun bisa jadi kita diminta untuk melakukan presentasi di hadapan orang-orang penting perusahaan. Kalau kita sering melatih diri dan mempersiapkan dengan baik, public speaking bisa jadi hal yang tidak menyeramkan. Bahkan, seperti kemampuan lainnya, lama-lama kita jadi terbiasa dan menjadikan hal ini sebagai kegiatan yang mudah dan menyenangkan.


Pembicara yang baik memiliki vokal yang baik, verbal yang tepat, dan visual yang menarik. Vokal yang baik adalah suara yang enak didengar (audible), jelas, fasih, nadanya pas, tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah, dll. Vokal yang baik dihasilkan teknik vokal sehingga suara terdengar jelas dan menyenangkan. Aspek verbal berhubungan dengan pilihan kata dan kalimat (verbal) seorang pembicara, termasuk cara mengucapkannya. Visual berkaitan dengan penampilan dari seorang pembicara, yakni postur dan gestur. Visual pembicara termasuk busana yang kenakan, ekspresi wajah, dan gerakan tubuh Komponen visual mempengaruhi keberhasilan public speaking sebanyak 55% atau tertinggi. Visual dalam pidato meliputi komunikasi nonverbal seperti ekspresi wajah, bahasa tubuh, penampilan diri, dan hal-hal lain yang dilihat secara visual oleh audiens. Komponen ini sangat penting karena audiens dapat memberikan penilaian kepada anda bahkan sebelum anda berbicara. Pakaian yang rapi, bersih, serta jenis dan warna akan menjadi perhatian audiens. Bahasa tubuh (body languange) akan memperkuat pesan atau informasi yang disampaikan. Dalam komunikasi, termasuk public speaking, elemen vokal berperan sebesar 38% dalam keberhasilan public speaking. Vokal sangat penting karena dengan ekspresi suara yang tepat. Kesalahan vokal dapat membuat ketidaknyaman audiens dan kesalahpahaman. Vokal yang baik meliputi intonasi tegas, tepat, dan enak didengar. Komunikasi verbal adalah komunikasi dengan menggunakan simbol-simbol verbal. Komunikasi verbal terbagi menjadi dua, yaitu komunikasi lisan (berbicara dan mendengar) dan komuikasi tertulis (written communication, menulis dan membaca). Tentu saja, dalam public speaking, yang dilakuan adalah komunikasi verbal lisan berupa berbicara.Komponen verbal memengaruhi keberhasilan public speaking sebanyak 7% saja. Sangat kecil. Pembicara harus pandai memilih kata, kalimat, dan urutannya dalam menyampaikan materi. Terpenting: jangan panjang lebar atau bertele-tele.”Harapan saya dari materi ini bapak/ibu/teman-teman penting untuk diketahui pahami 3 hal tersebut, pahami siapa audience yang kita ajak berbicara, semoga bermanfaat, terima kasih,”. Tutupnya (KIMDLG-002).

Share | | | |

Tags: Dalung Kabupaten Badung

Comment Form is loading comments...
READ NEWS
Tgl : 06 May 2021 | Jam : 23:05:35
Ida Ratu Niang Sakti, Pemurah ...

laptop acer

Penawaran Rp.40,000,000.00
  • Dikunjungi oleh : 607883 Org
  • IP address : 3.238.130.97
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
Tanggal Login: 06-05-2021
Sekilas Tentang Dalung ( 5000k liked)

Type your best E-mail Address