STYLE OPTIONS

10 Predefined Color Schemes

CHOOSE YOUR COLOR SKIN


CHOOSE YOUR LAYOUT STYLE

Patterns for Boxed Version

Images for Boxed Version


×

Bangga dan Lestarikanlah Budaya, Tradisi dan Bahasa Bali sebagai Identitas Pulau Bali

berita 12 kali 21 Feb 2021 02:02:11


DALUNG (21/02/2021) – Bulan Bahasa Bali diselenggarakan setiap Bulan Februari sejak tahun 2019 sesuai dengan sesuai dengan Peraturan Gubernur Bali Nomor 80 Tahun 2018 tentang Perlindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali serta Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali tidak bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Dengan mengangkat tema “Wana Kerthi, Sabdaning Taru Mahottama” yang artinya Melarapan Bulan Bahasa Bali, Nyujur Bali Sane Ajeg. Kegiatan ini dilaksanakan bertempat di Gedung Serbaguna LPD Desa Adat Padang Luwih yang dihadiri oleh Bendesa Adat Padang Luwih Drs. I Ketut Oka Sudana, M.Pd, Perbekel Dalung I Gede Putu Arif Wiratya, S.Sos, Baga Pawongan Desa Adat Padang Luwih, serta Tim Penyuluh Bahasa Bali dari Provinsi Bali. Salah satu materi yang diberikan yaitu Mesatua Bali yang diikuti dengan antusias oleh Paiketan Krama Istri Desa Adat Padang Luwih.

Ni Luh Ernawati yang kerap dipanggil Luh Erna seorang MC/ Pangenter Acara yang sering menggunaan Bahasa Bali dalam membawakan acara formal maupun non formal mengenai Basa Bali, ketika dihubungi melalui telepon menuturkan penggunaan Bahasa Bali ini sangat penting karena merupakan identitas kita sebagai masyarakat Bali. Menurutnya penting untuk kita belajar dan menggunakan Bahasa Bali sejak dini, baik dalam acara formal ataupun sehari-hari, untuk menjaga Bahasa Bali tetap ajeg dan lestari.

Penggunaan Bahasa Bali saat membawakan acara atau sebagai Mc tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, Penggunaan bahasa Bali sangan memperhatikan kaidah-kaidah dalam Bahasa Bali atau di sebut sor singgih Bahasa Bali. Bahasa yang di gunakan tertata dengan sedemikian rupa agar terdengar sopan dan santun serta indah. Apa yang di sampaikanpun dapat di mengerti oleh peserta kegiatan/ acara. Tentu saja ketika menggunakan Bahasa Bali dalam membawakan acara berbeda dengan ketika menggunakan dalam bahasa pergalan atau sehari-hari.

Harapan dengan adanya Bulan Bahasa Bali ini, Bahasa Bali yang merupakan bahasa ibu orang Bali kembali menjadi bahasa yang lumrah di gunakan oleh gerenasi muda. Menggunakan dan mempelajari bahasa lain tiidak salah, bahkan sangat bagus untuk menambah ketrampilan dan wawasan dalam berbahasa, namun sebagai masayarakat Bali hendaknya kita mengetahui, dapat menggunakan Bahasa Bali itu sendiri.

Ditambahkannya juga Bahasa Bali yang ada saat ini di masyarakat mulai berkembang kembali dengan adanya dorongan dari pemerintah, kemudian dibuatkan suatu kegiatan seperti Bulan Bahasa Bali yang tentu mendukung kita kembali untuk belajar Bahasa Bali, sebagai orang tua juga mempunyai peran penting untuk membiasakan anak-anak kita dalam menggunakan Bahasa Bali, selain Bahasa Indonesia maupun bahasa asing. “Semoga saja dengan adanya kegiatan-kegiatan Bulan Bahasa Bali ini, lebih banyak mengenalkan tradisi budaya Bali, sehingga Bahasa Bali kembali dikenal dengan trend nya sendiri dan juga kita menjadi bangga tanpa harus minder dalam menggunakan bahasa ibu kita, Banggalah menggunakan Bahasa Bali sebagai identitas Orang Bali,”. Tutupnya (KIMDLG-002).

Share | | | |

Tags: Dalung Kabupaten Badung

Comment Form is loading comments...
READ NEWS
Tgl : 03 Mar 2021 | Jam : 21:03:53
Ida Ratu Niang Sakti, Pemurah ...

suma

Penawaran Rp.1,000.00
  • Dikunjungi oleh : 554963 Org
  • IP address : 3.238.36.32
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
Tanggal Login: 03-03-2021
Sekilas Tentang Dalung ( 5000k liked)

Type your best E-mail Address