STYLE OPTIONS

10 Predefined Color Schemes

CHOOSE YOUR COLOR SKIN


CHOOSE YOUR LAYOUT STYLE

Patterns for Boxed Version

Images for Boxed Version


×

Bulan Bahasa Bali Momentum Ngajegang Taksu di Bali

berita 11 kali 23 Feb 2021 02:02:01


DALUNG (22/02/2021) – Desa Adat Dalung menyelenggarakan pelaksanaan Bulan Bahasa Bali sesuai dengan Program Pemerintah Provinsi Bali dalam Peraturan Gubernur Bali Nomor 80 Tahun 2018 tentang Perlindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali serta Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali tidak bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Pada tahun kali ini dengan mengangkat tema “Wana Kerthi, Sabdaning Taru Mahottama” yang artinya Melarapan Bulan Bahasa Bali, Nyujur Bali Sane Ajeg. Kegiatan ini dilaksanakan bertempat di Wantilan Mandala Utama, Pura Dalem Gede, Desa Adat Dalung yang dihadiri oleh Bendesa Adat Dalung Ir. I Nyoman Widana, Perbekel Dalung I Gede Putu Arif Wiratya, S.Sos, Baga Pawongan Desa Adat Dalung, serta Tim Penyuluh Bahasa Bali dari Provinsi Bali.
Bendesa Adat Dalung mengungkapkan mengenai agenda kegiatan Bulan Bahasa Bali ini yang merupakan bulan bahasa, sastra dan nyastra Bali telah di programkan oleh Provinsi Bali sejak beberapa tahun terakhir bersinergi dengan desa adat di Bali untuk melaksanakannya, dengan tujuan melestarikan dan menjaga / ngajegang budaya dan sastra Bali ini. Desa Adat Dalung sendiri sangat mengapresiasi program Bulan Bahasa Bali ini karena menarik antusias dari masyarakat di Desa Adat Dalung untuk berpartisipasi mulai dari yowana Desa Adat Dalung dalam ngwacen aksara Bali (membaca tulisan Bali), anak-anak SD nyurat aksara Bali (menulis huruf Bali) dan krama istri/ibu-ibu di Desa Adat Dalung mesatua Bali (mendongen cerita Bali).

Harapan saya kepada Pemerintah kedepannya mempertahankan program ini, atau bahkan menambahkannya dengan yang lain sehingga menjadi program wajibuntuk masyarakat. Dan juga kepada masyarakat di Desa Adat Dalung agar mendukung program adat dan budaya Bali ini, karena ini bagian dari mengajegkan Taksu Bali. Dengan tekad bersama sehingga Bali mempunyai ciri khasnya tersendiri dan tidak kehilangan jati diri yang tidak di miliki oleh daerah lain,”. Pungkasnya.

Berbicara mengenai Taksu di Bali. Taksu menjadi spirit yang mempunyai kekuatan secara spiritual dan membuat orang yang melakukannya menjadi lebih seken (serius), saje (dilakukan dengan sebenarnya), santep (yakin dan percaya), bisa (mempunyai kemampuan), nawang (tahu), dan dadi (dapat dilakukan). Inilah konsep yang dipegang oleh masyarakat Hindu Bali dari dahulu kala sampai sekarang ini dengan kebudayaan yang diwarisi secara turun temurun dan bernafaskan ajaran agama Hindu. Masyarakat Hindu di Bali pada umumnya yakin dan percaya bahwa taksu adalah kekuatan suci Tuhan yang dapat membangkitkan dan meningkatkan daya kreativitas, intelegensia, serta kemampuan intelektualitas seseorang, yang dihubungkan pula dengan kemahakuasaan manifestasi Tuhan. Para pelaku seni di Bali memperoleh kekuatan suci Tuhan ini sehingga mampu menghasilkan karya seni yang berdaya pukau tinggi atau diistilahkan metaksu. Taksuini tidak saja diperuntukkan dalam bidang kesenian, bahkan lebih dari itu, setiap aktivitas kehidupan masyarakat Hindu di Bali merujuk pada taksu. Oleh karena itu, spirit taksu inilah yang memberikan kekuatan kepada masyarakat Hindu di Bali dalam menjaga esensi kebudayaan Bali tetap ajeg dan semakin berkembang sampai sekarang ini (KIMDLG-002).

Share | | | |

Tags: Dalung Kabupaten Badung

Comment Form is loading comments...
READ NEWS
Tgl : 03 Mar 2021 | Jam : 22:03:55
Ida Ratu Niang Sakti, Pemurah ...

Televisi 50"

Penawaran Rp.6,500,000.00
  • Dikunjungi oleh : 555001 Org
  • IP address : 3.238.36.32
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
Tanggal Login: 03-03-2021
Sekilas Tentang Dalung ( 5000k liked)

Type your best E-mail Address