STYLE OPTIONS

10 Predefined Color Schemes

CHOOSE YOUR COLOR SKIN


CHOOSE YOUR LAYOUT STYLE

Patterns for Boxed Version

Images for Boxed Version


×

Rahina Tumpek Landep, Piodalan di Kantor Desa Dalung

berita 16 kali 12 Sep 2021 02:09:14


DALUNG (12/09/2021) – Pelaksanaan Rainan Hari Tumpek Landep bertepatan dengan Piodalan di Kantor Desa Dalung, diikuti oleh Ketua BPD Desa Dalung I Nyoman Suparna, S.Pd, Perbekel Dalung I Gede Putu Arif Wiratya, S.Sos, Sekretaris Desa Dalung I Made Trimayasa, S.E, perangkat Desa Dalung, LPM, KIM Dalung, Perwakilan BumDes Dalung dan Kelian Banjar Dinas se Desa Dalung. Kegiatan ini berlangsung dengan khusyuk dan lancar serta tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.
Hari Tumpek Landep adalah hari yang dikhususkan untuk memohon keselamatan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang dalam wujudnya sebagai Dewa Senjata (Pasupati). Tumpek Landep diperingati saat Saniscara Kliwon wuku Landep setiap 6 bulan sekali.Secara fisik perayaan ini ditandai dengan kegiatan umat mengupacarai berbagai peralatan yang terbuat dari besi seperti, tombak, senjata, perabotan rumah tangga yang terbuat dari besi, termasuk mobil, sepeda motor, komputer, dan lain- lain. Jika aktivitas ini tidak dimaknai secara benar, maka bisa jadi umat Hindu dianggap menyembah hal-hal yang bersifat materialis, yakni benda-benda buatan manusia. Terkait hal tersebut, perlu diberikan pemaknaan secara filosofis terhadap aktivitas yang dilakukan umat Hindu, khususnya dalam peringatan hari suci Tumpek Landep.

Ditemui seusai persembahyangan Kelian Banjar Dinas Campuan Asri Kauh I Gusti Lanang Ardika mengatakan bahwa dirinya sangat mendukung diadakannya acara keagamaan atau persembahyangan seperti ini karena selain mendekatkan diri dengan tuhan, kita juga bisa saling berinteraksi agar lebih akrab lagi dengan seluruh perangkat desa. “Saya berharap kegiatan seperti ini tetap dan terus dilaksanakan”, Pungkasnya.

Dihubungi melalui telepon Perbekel Dalung mengungkapkan bahwa dirinya sangat terkesan dan gembira sekali karena antara perangkat desa, BPD, LPM, Bendesa Adat, LPD, KIM sudah sangat kompak di dalam semua kegiatan yang ada didesa.“Harapan tiang kedepan semoga dengan kekompakan ini kita semua bisa membangun desa dalung menjadi semakin maju dan berkembang di semua sektor baik sektor ekonomi,sosial, budaya dan agama.demi tercapainya masyarakat Desa Dalung yang aman dan damai berdasarkan Tri Hita Karana”. Tutupnya (KIMDLG-002).

Share | | | |

Tags: Dalung Kabupaten Badung

Comment Form is loading comments...
READ NEWS
Tgl : 26 Sep 2021 | Jam : 21:09:28
Ida Ratu Niang Sakti, Pemurah ...

korden

Penawaran Rp.1,200,000.00
  • Dikunjungi oleh : 753462 Org
  • IP address : 3.236.212.116
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
Tanggal Login: 26-09-2021
Sekilas Tentang Dalung ( 5000k liked)

Type your best E-mail Address