STYLE OPTIONS

10 Predefined Color Schemes

CHOOSE YOUR COLOR SKIN


CHOOSE YOUR LAYOUT STYLE

Patterns for Boxed Version

Images for Boxed Version


×

Jalan di Paving, Usaha Tani di Desa Dalung jadi Berseri

berita 583 kali 06 Apr 2019 03:04:08


DALUNG (6/4/2019) - Perbekel Dalung bersama lembaga dan masyarakat berupaya membangun desannya menjadi lebih baik untuk mewujudkan visi dan misinya menjadi Kepala Desa, salah satunya adalah pembangunan Jalan Usaha Tani. Program Pembangunan ini adalah program yang tepat untuk mengatasi permasalahan dalam pengangkutan hasil sawah para petani.

Kasi Perencanaan dan Pembangunan, I Nyoman Alit Wiranata, SH. Didamping oleh stafnya, I Made Ari Budiarsa, ST. menjelaskan bahwa upaya pembangunan Jalan Usaha Tani dengan pavingisasi, maka jalan masih mempunyai daya serap air sehingga cocok untuk pelestarian lingkungan. Juga kalau pavingisasi ini ada kerusakan, mudah diadakan perbaikan daripada diaspal maupun dirabat beton. “Pogram ini sudah dilaksanakan pada tahun 2017. Ada dua Jalan Usaha Tani (JUT) yang dibangun, yaitu satu ada di Subak Tegal dan satu lagi ada di Subak Saih. Keduanya berada di wilayah Banjar Dinas Tegeh, Desa Dalung” keterangannya pada hari Jumat (5/4/2019).

Tak dipungkiri bahwa dua Jalan Usaha Tani yang membentang membelah lahan persawahan, membuat lingkungan persawahan tambah jadi berseri. Para petani tidak lagi becek-becekan menuju sawah garapannya, tapi sekarang sudah bisa bergaya dengan sepeda motornya. Program ini, salah satunya dirasakan oleh Made dira (62), salah seorang petani yang biasa dipanggil Pekak Bintang. Petani yang berasal dari Br. Padang Bali, Desa Dalung ini, sempat diwawancarai di tengah-tengah sawah garapannya pada hari Kamis (5/4).

Sedurung ngewangun margine puniki, tyang memargi becek-becekan meriki kecarik. Mangkin sampun polih bantuan pembangunan Jalan Usaha Tani niki, sami petanine seneng mresidayang ke carik nganggen sepeda motor. Pengangkutan hasil carik taler lancar. (Sebelum dibangun Jalan ini, saya jalan ke sawah dengan kondisi becek. Sekarang sudah dapat bantuan pembangunan Jalan Usaha Tani, semua petani merasa senang karena bisa ke sawah dengan sepeda motor. Pengangkutan hasil-hasil sawah pun juga lancar)” Tuturnya polos.

Lain halnya dengan Nyoman Sarwa (63) yang juga salah seorang petani yang berasal dari Banjar Tegeh, Desa Dalung, memaparkan bahwa selain manfaatnya sangat dirasakan oleh para petani, tapi jalan ini juga dimanfaatkan oleh pengendara sepeda motor sebagai jalan pintas menuju sekolah atau ke desa, sehingga sedikit mengganggu aktivitas petani. Untuk sementara waktu Nyoman Sarwa pun tidak merasa keberatan karena lalu lalang sepeda motor dinyatakan belumlah parah.

Manfaat Jalan Usaha Tani ini bukan hanya dirasakan oleh para petani melainkan juga dirasakan oleh masyarakat yang ada di sekitarnya untuk jalan santai sambil menikmati hijaunya persawahan. Pada saat wawancara dengan para petani (4/4/2019), memang banyak masyarakat jalan santai bersama keluarganya bahkan ada yang lengkap dengan piaraan anjingnya. Yang perlu diantisipasi adalah kecelakaan sepeda motor karena ada anak-anak yang memanfaatkan jalan tersebut tidak berhati-hati.

I Gede Putu Arif Wiratya, S.Sos., Perbekel Dalung yang sempat ditemui di ruang kerjanya mengharapkan agar Jalan Usaha Tani tersebut terpelihara dengan baik sehingga bisa bertahan lama. (KIMDL-023).

Share | | | |

Tags: Dalung Kabupaten Badung

Comment Form is loading comments...
READ NEWS
Tgl : 26 Sep 2021 | Jam : 21:09:28
Ida Ratu Niang Sakti, Pemurah ...

Televisi 50"

Penawaran Rp.6,500,000.00
  • Dikunjungi oleh : 753455 Org
  • IP address : 3.236.212.116
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
Tanggal Login: 26-09-2021
Sekilas Tentang Dalung ( 5000k liked)

Type your best E-mail Address