STYLE OPTIONS

10 Predefined Color Schemes

CHOOSE YOUR COLOR SKIN


CHOOSE YOUR LAYOUT STYLE

Patterns for Boxed Version

Images for Boxed Version


×

Pantun Perbekel Desa Dalung, Membuat Hadirin Lomba Desa Terkesima

berita 950 kali 01 May 2019 01:05:57


DALUNG (24/04/2019) - Desa Dalung dinilai oleh Tim Penilai dan Evaluasi Perkembangan Desa dan 10 Program Pokok PKK Kabupaten Badung tahun 2019, sebagai duta Kecamatan Kuta Utara, pada hari Senin (22/4), di wantilan Widya Mandala Pura Dalem Gede Desa Adat Dalung.
Desa Dalung sudah mempersiapkan lomba bergengsi ini sejak satu tahun lalu. Selama satu tahun ini warga bekerja ektra dalam mempersiapkannya, dan berusaha untuk memberikan yang terbaik buat kecamatan dan masyarakat”, ungkap I Ketut Susila, selaku Koordinator Kelian Dinas se Desa Dalung, saat kumpul menununggu kedatangan Bupati beserta rombongan dari Kabupaten Badung. Rombongan yang ditungu-tunggu akhirnya datang pada pukul 10, 15 Wita yang disambut dengan berbagai tarian selamat datang seperti, tari Sekar Jepun sebagai tari maskotnya Kabupaten Badung yang dipentaskan oleh para Putri Dalung, lagu Mars PKK, mars Desa Dalung dengan judul lagu Dalung Desa Kami Tercinta yang dibawakan oleh Grup Paduan Suara Gita Kencana.

Acara yang sangat meriah ini antara lain dihadiri oleh Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, Ketua DPRD Badung I Putu Parwata, Sekda Badung Adi Arnawa, Ketua TP PKK Kabupaten Badung Ny. Seniasih Giri Prasta, Wakil Ketua II Ny. Rasniathi Adi Arnawa, Ketua Gatriwara Kabupaten Badung Ny. Ayu Suarthini Parwata, sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah Badung, Perbekel se- Kabupaten Badung, serta Tim Penilai.

Ucapan selamat datang oleh Perbekel Dalung, I Gede Putu Arif Wiratya, S.Sos., yang diawali dengan pantun “Jukut Kangkung Jukut Paku, Jerigen Wadah Ares. Kalau Dalung tetap bersatu, semuanya pasti beres”. Hadirin pun jadi terkesima sejenak setelah mendengarkan pantun tersebut. Dan tak lama kemudian, tepuk tangan pun terdengar gemuruh. Putu Arif begitu sapaan akrabnya, terlihat menghela napas panjang yang menandakan kepuasan hatinya mendapat sambutan meriah dari para hadirin. Sayangnya pantun yang dilantunkan tersebut tidak dilanjutkan sehingga banyak hadirin menjadi penasaran ingin lebih jauh tau tentang maknanya. Pada hari Selasa (23/4) di sela-sela kesibukannya, Putu Atif sempat juga diwawancarai di ruang kerjanya. Pria dari Banjar Pendem ini menjelaskan, bahwa maksud pantun tersebut pada intinya adalah menjalin kuat rasa persatuan masyarakat Dalung yang sangat heterogen. Dengan modal pokok bersatu inilah akan membuat semua program kegiatan akan jadi lancar alias beres.

Beberapa keberhasilan diungkapkannya antara lain, bidang pendidikan, dari jenjang pendidikan PAUD hingga Perguruan Tinggi ada di Desa Dalung. Bidang keamanan telah memiliki satu peleton Linmas yang langsung dibina oleh Babinsa dan Babinkantibmas. Bidang Kesehatan, sudah tersedianya puskesmas pembantu, Posyandu masing-masing banjar, dan tempat praktek serta klinik termasuk Tim Jumantik yang setiap hari menyisir rumah penduduk. Bidang kebersihan lingkungan, khususnya di Desa Dalung, sudah memiliki petugas kebersihan desa dan petugas pengangkut sampah yang dilengkapi sarana prasarana pendukung seperti, 2 unit truk dan 1 unit viar. Jasa Pengangkutan Sapah dari pihak swasta pun berjalan lancar tanpa masalah.

Pembentukan bank sampah setiap banjar juga sudah dilaksanakan yang diberi nama “Mangu Sri Kandi” yang dilaunching Ketua TP PKK Badung Ny. Seniasih Giri Prasta dan juga membentuk Kelompok Dalung Creative Recycle (DCR) dengan gerakan 3 R (reduce, reuse, recycle).
Lanjut Putu Arif menjelaskan bahwa pada hari Senin (22/4), Desa Dalung dapat berkah wakili Kecamatan Kuta Utara untuk maju ke tingkat Kabupaten Badung dalam Lomba Perkembangan Desa dan 10 Program Pokok PKK Kabupaten Badung tahun 2019. Pada hari Selasa (30/4) yang akandatang, Desa Dalung kembali dinobatkan wakili Provinsi Bali untuk maju ke tingkat nasional dalam Lomba Kesatuan Gerak PKK KB Kes. “ Itulah makna pantun yang kami lantunkan dalam memberikan sambutan selamat datang di wantilan Widya Utama Pura Dalem Gede Desa Adat Dalung” pungkasnya. (KIMDL-023)

Share | | | |

Tags: Dalung Kabupaten Badung

Comment Form is loading comments...
READ NEWS
Tgl : 01 Oct 2020 | Jam : 12:10:43
Ida Ratu Niang Sakti, Pemurah ...

loper koran

Penawaran Rp.185,000.00
  • Dikunjungi oleh : 416377 Org
  • IP address : 18.208.202.194
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
Tanggal Login: 01-10-2020
Sekilas Tentang Dalung ( 5000k liked)

Type your best E-mail Address