STYLE OPTIONS

10 Predefined Color Schemes

CHOOSE YOUR COLOR SKIN


CHOOSE YOUR LAYOUT STYLE

Patterns for Boxed Version

Images for Boxed Version


×

Pembangunan Jalan Usaha Tani, Wujud Kepedulian Terhadap Petani

berita 358 kali 19 Jun 2019 10:06:31


DALUNG (07/06/2019) - Desa Dalung, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, dulunya adalah daerah agraris. Daerah yang subur dengan sawah ladang yang menghijau. Karena kesuburan tanah tersebut, masyarakatnya banyak yang bekerja sebagai petani. Namun pada perkembangannya, ternyata sektor pertanian cenderung semakin tergeser oleh sektor pemukiman skala luas. Salah satu contoh kawasan yang mengalami pengurangan lahan sawah di Desa Dalung adalah kawasan Dalung Permai. Sebelum jadi perumahan, lahan tersebut adalah lahan persawahan yang membentang luas. Kurang lebih 675 Ha lahan persawahan alih fungsi menjadi perumahan yang terluas di Bali. Disamping terjadinya alih fungsi lahan pertanian, juga masyarakat angkatan muda cenderung memilih pekerjaan lain daripada menjadi petani.

Setelah dikonfirmasi kepada Perbekel Dalung, I Gede Putu Arif Wiratya, S.Sos., via telepon Rabu (5/6), tidak menampik bahwa sawah di Desa Dalung banyak yang alih fungsi menjadi perumahan. Lanjut Pejabat Desa yang biasa disapa Putu Arif ini, menyatakan bahwa Pemerintah Desa Dalung perlu memberikan perhatian khusus kepada petani, agar petani tetap berjaya di tengah gerusan jaman yang semakin maju dan lahan pertanian yang kian menyempit. “Pemerintah Desa Dalung, memberikan langkah nyata dalam melindungi petani dan lahan pertanian itu sendiri agar tidak hilang ditelan jaman. Langkah nyata dalam bentuk pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT). JUT yang sudah dibangun di Desa Dalung ada di Subak Saih dan Subak Tegal yang ada di wilayah Banjar Tegeh. Sedangkan pembangunan JUT tahun 2019 dengan dana satu milyard rupiah, akan dipergunakan untuk pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT) yang lokasinya di Subak Saih, Banjar Cepaka, Desa Dalung. Pengerjaan JUT ini akan dilaksanakan dengan system Padat Karya Tunai Desa (PKTD). Pekerjanya diprioritaskan kepada Rumah Tangga Sasaran (RTS) dan warga pengangguran Desa Dalung. Padat Karya Tunai Desa (PKTD) ini sebagai terobosan untuk mengentaskan kemiskinan. Sistem penggajiannya berdasarkan skil, sehingga dengan system PKTD ini, ada 2 tujuan akan tercapai yaitu: RTS akan mendapatkan tambahan penghasilan dan meningkatkan daya beli, sehingga angka kemiskinan di Desa Dalung dapat ditekan menjadi nihil. Disamping itu Pembangunan Jalan Usaha Tani pun juga terwujud sebagai kepedulian kita terhadap petani” pungkas pria yang berasal dari Banjar Pendem ini.

Tak dipungkiri bahwa dua Jalan Usaha Tani yang sudah dibangun di Subak Tegal dan Saih, wilayah Banjar Tegeh, membuat lingkungan persawahan tambah jadi berseri. Para petani tidak lagi becek-becekan menuju sawah garapannya, tapi sekarang sudah bisa bergaya dengan sepeda motornya. Program ini, salah satunya dirasakan oleh Made dira (62), salah seorang petani yang biasa dipanggil Pekak Bintang. Petani yang berasal dari Br. Padang Bali, Desa Dalung ini, pernah diwawancarai di tengah-tengah sawah garapannya. “Sedurung ngewangun margine puniki, tyang memargi becek-becekan meriki kecarik. Mangkin sampun polih bantuan pembangunan Jalan Usaha Tani niki, sami petanine seneng mresidayang ke carik nganggen sepeda motor. Pengangkutan hasil carik taler lancar. (Sebelum dibangun Jalan ini, saya jalan ke sawah dengan kondisi becek. Sekarang sudah dapat bantuan pembangunan Jalan Usaha Tani, semua petani merasa senang karena bisa ke sawah dengan sepeda motor. Pengangkutan hasil-hasil sawah pun juga lancar)” Tuturnya polos. (KIMDL-023).

Share | | | |

Tags: Dalung Kabupaten Badung

Comment Form is loading comments...
READ NEWS
Tgl : 06 May 2021 | Jam : 22:05:07
Ida Ratu Niang Sakti, Pemurah ...

handphone

Penawaran Rp.1,000,000.00
  • Dikunjungi oleh : 607772 Org
  • IP address : 3.238.130.97
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
Tanggal Login: 06-05-2021
Sekilas Tentang Dalung ( 5000k liked)

Type your best E-mail Address