STYLE OPTIONS

10 Predefined Color Schemes

CHOOSE YOUR COLOR SKIN


CHOOSE YOUR LAYOUT STYLE

Patterns for Boxed Version

Images for Boxed Version


×

Tawur Agung Ritual Mewisuda Bumi

berita 135 kali 23 Jul 2019 11:07:33


DALUNG (19/07/2019) – Digelarnya upacara Tawur Agung (19/7), serangkaian dudonan Karya Agung Di Pura Desa lan Puseh Desa Adat Padang Luwih, Dalung, Kecamaran Kuta Utara, Kabupaten Badung, yang akan dilaksanakan Soma Kliwon Kuningan (29/7) mendatang.
Salah satu panitia karya, Bagus Sapta Tenaya (50) dari Banjar Celuk, menjelaskan (19/7) bahwa upacara Tawur Agung dilaksanakan di Mandala Madya atau Jaba Tengah, dipuput oleh Tri Sadaka yaitu: Ida Pedanda Gede Diksa Singarsa, Ida Pedanda Gria Jadi dan Ida Rsi Bhujangga Gria Tumbah Bayuh. Sedangkan Tawur di Catus Pata yang berlokasi di Batan Bingin areal parkir, kapuput oleh Ida Rsi Bhujangga Gria Sembung dan Ida Pandita Mpu Gria Lukluk. Seluruh Krama Desa Adat Padang Luwih yang terdiri dari 6 banjar adat dilibatkan dalam upacara ini.

Tampak ribuan krama adat mayoritas berseragam putih. Mereka dengan tertib menjalankan prosesi upacara ritual dan kebetulan selama prosesi upacara berjalan, awan menutupi Sang Hyang Surya sehingga cuaca dirasakan sangat bersahabat.
Bunyi genta terdengar bersahut-sahutan, suara kidung sayup-sayup dan aroma dupa wangi menjadikan tempat upacara bernuansa suci nirmala. Tari topeng, Rejang Dewa, Baris Gede, Wayang lemah, dan alunan suara gong juga ikut memeriahkan suasana. Bunyi-bunyian dari suara ketung yang dimainkan oleh kelompok ibu-ibu, suara okokan dan suara kentongan semuanya membuat suasana jadi meriah.

Pada saat prosesi kurban suci yang disertai dengan pemotongan kucit butuhan (anak babi jantan yang tidak dikebiri berwarna hitam) yang dilakukan oleh penari cupak, alunan tabuh gong baleganjur pun menyesuaikan dengan nada yang enerjik, sehingga suasana bertambah riuh namun tetap khidmat. Jero Bendesa Desa Adat Padang Luwih, Drs. I Ketut Oka Sudana, M.Pd., saat ditemui di sela-sela acara tersebut, memaparkan bahwa upacara Tawur Agung adalah upacara Butha Yadnya yang dilakukan untuk memayu hayuning bhuana alit dan bhuana agung dengan Nyomya Bhuta Kala (menetralisir energi negatif) menjadi Dewa (energi positif). Para Bhuta Kala dikasi upah dengan upacara caru agar tidak mengganggu dan kembali ke tempatnya masing-masing. Bhuta Kala yang tempatnya di timur kembali ke timur, yang tempatnya di selatan kembali ke selatan, yang di barat kembali ke barat dan yang di utara kembali ke utara. Dengan menggelar Tawur Agung berarti pula menyucikan secara spiritual tiga alam ini yaitu Bhur Loka, Bhwah Loka dan Swah Loka. Dengan Tawur Agung ini diharapkan bhuana agung dan bhuana alit memperoleh keseimbangan dan keharmonisan sehingga tidak ada bencana.

Ketua Panitia Karya, Ir. I Gusti Ngurah Adnyana, MM., dapat juga menyinggung upacara Tawur Agung saat diajak berbincang-bincang (18/7) di sekretariat panitia karya. Tokoh masyarakat dari Banjar Adat Jeroan ini memaparkan bahwa Tawur artinya mengembalikan atau membayar. Manusia selalu mengambil sumber-sumber alam untuk mempertahankan hidupnya. Perilaku mengambil perlu diimbangi dengan perbuatan memberi atau mengembalikan berupa persembahan yang ikhlas dalam wujud upacara Bhuta Yadnya.

Semua pandangan yang disampaikan oleh dua tokoh masyarakat di atas, selaras dengan konsep Tri Hita Karana yang terdiri dari 3 elemen yaitu hubungan manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia dan manusia dengan alam. Tawur Agung merupakan salah satu elemen dari Tri Hita Karana tersebut yaitu hubungan manusia dengan alam, yang bermakna menanamkan cinta kasih kepada manusia kepada alam. Cinta kasih kepada alam, diimplementasikan secara nyata dengan tidak merusaknya. (KIMDLG-023).

Share | | | |

Tags: Dalung Kabupaten Badung

Comment Form is loading comments...
READ NEWS
Tgl : 06 May 2021 | Jam : 23:05:35
Ida Ratu Niang Sakti, Pemurah ...

gelas

Penawaran Rp.12,000.00
  • Dikunjungi oleh : 607875 Org
  • IP address : 3.238.130.97
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
Tanggal Login: 06-05-2021
Sekilas Tentang Dalung ( 5000k liked)

Type your best E-mail Address