STYLE OPTIONS

10 Predefined Color Schemes

CHOOSE YOUR COLOR SKIN


CHOOSE YOUR LAYOUT STYLE

Patterns for Boxed Version

Images for Boxed Version


×

Upacara Penyineban Karya Agung Desa Adat Padangluwih

berita 319 kali 05 Aug 2019 11:08:59


DALUNG (1/08/2019) - Upacara penyineban serangkaian Karya Agung di Pura Desa lan Puseh Desa Adat Padang Luwih, Desa Dalung, dilaksanakan pada Kamis Pon (1/8). Rangkaian upacara Karya Agung dilaksanakan sejak (3/6). Hampir dua bulan rangkaian Karya Agung berjalan, namun satu pun tidak ada krama adat yang merasa terbebani. Selama ini mereka ngayah dengan rasa suka cita tanpa pamerih.

Momen yang ditunggu-tunggu pada upacara penyineban oleh ribuan krama adat yang hadir adalah Nuwek lan Mendem Bagia Pula Kerthi. Sebelum acara tersebut, sudah dilaksanakan upacara Nganyarin, Mekebat Daun, Ngremek, Nyenuk, Nangun Ayu Rsi Bhujana yang dimulai dari jam 09.20 Wita. Semua prosesi ritual dipimpin oleh Ida Pedanda Gede Diksa Singarsa dan dienter langsung oleh Jero Bendesa, Drs I Ketut Oka Sudana, M.Pd. Sekitar jam 12 wita, baru dilaksanakan persembahyangan bersama sebanyak 19 kali.

Dalam acara nuwek, sebuah keris pusaka yang akan digunakan diupacarai terlebih dahulu dan diunus secara etika agama Hindu oleh Jero Mangku Pura Desa. Tahapan-tahapan nuwek Bagia Pule Kerti ini, disaksikan oleh ribuan krama. Mereka tampak duduk dengan tertib di dipenataran jeroan pura sampai meluber ke Jaba Tengah, Jaba Sisi dan Catus Pata.

Para Jero Mangku dengan pakaian serba putih mendampingi Ida Pedanda, tampak memusatkan pikiran dan khusyuk di hadapan banten Bagia Pule Kerthi dengan keris terhunus. Prosesi nuwek pun dilaksanakan oleh Ida Pedanda. Setelah seluruh Bagia Pule Kerthi ditusuk menggunakan keris, rangkaian upacara Nuwek ini pun selesai, dan dilanjutkan acara mendem pada sore harinya sekitar jam 5 sore. Dari 15 Bagia Pula Kerthi yang dibuat, dipendam tersebar di Pura Desa lan Puseh. Pemendeman juga dilaksanakan di luar pura diantaranya di Pura Ulun Desa Tegal Jaya, Pura Ulun Desa Kwanji, Pura Beji, Pasar Adat, SD 4 Dalung.

Menurut teks dudonan Karya Agung Pura Desa lan Puseh Desa Adat Padang Luwih tentang Bagia Pula Kerthi, dijelaskan secara tertulis, Bagia Pula Kerthi berasal dari kata Bagia yang berarti kebahagiaan, Pula yang berarti menanam dan Kerthi yang berarti perbuatan. Jadi Bagia Pula Kerthi bermakna kebahagiaan karena telah berhasil menanamkan perbuatan (suci) dalam hal ini Yadnya/Karya.

Jero Bendesa Desa Adat Padang Luwih, Drs. I Ketut Oka Sudana, MPd., sangat bersyukur, seluruh rangkaian Karya Agung mendapatkan dukungan umat sedharma dan berjalan dengan lancar tanpa rintangan apapun. Bendesa juga mengucapkan banyak terima kasih kepada semua krama dan memohon maaf bila ada hal-hal yang tidak berkenan. Hal ini disampaikan lewat pengeras suara dengan berbahasa Bali pada saat acara bebas. (KIMDLG-023)

Share | | | |

Tags: Dalung Kabupaten Badung

Comment Form is loading comments...
READ NEWS
Tgl : 16 Oct 2021 | Jam : 08:10:47
Ida Ratu Niang Sakti, Pemurah ...
  • Dikunjungi oleh : 779697 Org
  • IP address : 3.83.187.254
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
Tanggal Login: 16-10-2021
Sekilas Tentang Dalung ( 5000k liked)

Type your best E-mail Address