STYLE OPTIONS

10 Predefined Color Schemes

CHOOSE YOUR COLOR SKIN


CHOOSE YOUR LAYOUT STYLE

Patterns for Boxed Version

Images for Boxed Version


×

Murtaning Kala Yuga, Karya St. Tunggaling Adnyana, Celuk

berita 146 kali 23 Mar 2020 01:03:43


DALUNG (20/03/2020) – Mahakala Rekatabyuha merupakan seorang raja dari kerajaan Sunyantara. Beliau menginginkan seorang putri dari kerajaan Purbbhasasana. Kerajaan tersebut dipimpin oleh Maharaja Bhonaraja, keinginan ia di tolak mentah-mentah oleh sang raja, sehingga terjadilah penyerangan ke kerajaan Purbbhasasana. Dalam peperangan Maharaja Bhonaraja berhasil memenggal kepala rekatabyuha, akan tetapi setelah di penggal kepalanya tumbuh seperti sedia kala, melihat tersebut maharaja bhonaraja memohon petunjuk kepada Sang Hyang Dharma, beliau memerintahkan untuk mencari Rsi Purbhasomi untuk mendapatkan ajaran Dharma Siwasasana. Singkat cerita ketika ilmu itu diterapkan malah menyebabkan kerajaan mengalami kekacauan. Dibutakan amarah, maharaja rekatabyuha menyerang seorang diri ke kerajaan Purbbhasasana, kekuatan ajaran ilmu dharma siwasana yang tidak dikendalikan dengan baik mengakibatkan tubuhnya terbakar dan membakar tubuh beliau yang seketika menjadi abu dan jiwanya menyatu bersama Sang Hyang Bayu.

Penggalan cerita diatas Sekaa Teruna Tunggaling Adnyana, Banjar Celuk menuangkannya dalam konsep dan judul ogoh-ogoh dalam momen Nyepi Tahun Caka 1942 ini, pengerjaan ogoh-ogoh yang digarap kurang lebih 1 bulan ini di lakukan di Balai Banjar Celuk, Dalung.

I Putu Wahyu Pradnyana Putra selaku koordinator ogoh-ogoh di Banjar Celuk mengatakan inspirasi ogoh-ogoh ini datang secara tiba-tiba berbeda dengan konsep awal, cerita ini diambil karena melihat kondisi saat ini bagaimana manusia terkadang ketika dirasuki amarah tidak bisa menahannya bahkan cenderung melampiaskan kepada siapapun tampa pandang bulu.untuk suka dukanya selama proses pembuatan rasa gotong royong itu terasa sekali,dukanya yang diajak bekerja itu-itu saja karena sibuk,sekolah dll. Tapi dalam pengerjaan kita disini bergotong royong itu pasti.
Saya berharap untuk para pemuda khususnya di Desa Dalung semakin kompak dalam berorganisasi, khususnya aktif dalam kegiatan desa, menyama braya. Mari kita bersama – sama memajukan Desa Dalung, khusnya banjar Celuk,”. Ungkapnya. (KIMDLG-002).

Share | | | |

Tags: Dalung Kabupaten Badung

Comment Form is loading comments...
READ NEWS
Tgl : 01 Oct 2020 | Jam : 10:10:20
Ida Ratu Niang Sakti, Pemurah ...

Televisi 50"

Penawaran Rp.6,500,000.00
  • Dikunjungi oleh : 416247 Org
  • IP address : 18.208.202.194
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
Tanggal Login: 01-10-2020
Sekilas Tentang Dalung ( 5000k liked)

Type your best E-mail Address