STYLE OPTIONS

10 Predefined Color Schemes

CHOOSE YOUR COLOR SKIN


CHOOSE YOUR LAYOUT STYLE

Patterns for Boxed Version

Images for Boxed Version


×

Peran WHDI Dalam Kegiatan Pertanian Hidroponik di Desa Dalung

berita 50 kali 10 Jun 2020 02:06:34


DALUNG (09/06/2020) – Kehadiran kaum perempuan dalam kegiatan proses produksi mampu meningkatkan produktivitas masyarakat khususnya di keluarga. Dengan demikian, kaum perempuan mampu meningkatkan pendapatan keluarga, mengurangi ketergantungan perempuan terhadap laki-laki secara ekonomi dan memperkuat kedudukannya dalam rumah tangga. Salah satu bentuk praktiknya adalah melalui pertanian hidroponik. Hidroponik merupakan sistem pertanian yang dilakukan dengan menggunakan media tanam air dan biasanya dilakukan di pekarangan rumah. Meluasnya wabah virus Covid-19 sangat berdampak pada pertumbuhan sektor ekonomi, khususnya di Bali. Banyak perusahaan terpaksa gulung tikar karena tidak adanya pemasukan sama sekali, namun pengeluaran untuk membeli kebutuhan pokok tidak dapat dihentikan. Yayasan Gerak Cipta Selaras melalui Sidhi Yasa Farm bekerjasama dengan Gerakan Bravo 5 dari Brawijaya melaksanakan pelatihan pertanian hidroponik yang di ikuti juga oleh Kelompok Tani Tulus Dadi Desa Dalung, WHDI Desa Dalung. Kegiatan ini dilaksanakan di Warung Mina Dalung, turut hadir pula Perbekel Dalung I Gede Putu Arif Wiratya, S.Sos serta Bendesa Adat Padangluwih.

I Gusti Agung Adnyani selaku Pengurus WHDI Desa Adat Padangluwih mengatakan sebenarnya dari awal ketika ada rencana dari Perbekel bersama dengan bendesa adat padangluwih berkaitan dengan kegiatan pertanian ini kami sangat berbahagia karena bagaimanapun Ibu Rumah Tangga sangat cocok ikut serta dalam bidang pertanian, namun kali ini keterlibatan WHDI baru dalam ruang lingkup pengurus, rencana kami kedepannya akan mengundang seluruh WHDI yang ada di Desa Adat Padangluwih sampai saat ini yang menjadi kendala terletak pada alat-alat pertanian hidroponik yang cukup mahal, namun dengan memanfaaatkan lahan yang terbatas, hobi berkebun sangat cocok untuk mengisi waktu luang sebagai ilmu kedepannya. “Harapan saya untuk kedepannya kami di WHDI tetap mendukung dan mensosialisasikan kepada anggota, agar sesuai dengan passionnya kita juga memilih siapa yang berbakat dan membantu keluarga contohnya dalam memanfaatkan TOGA dan Apotek hidup, itu sangat bagus dan berpotensi untuk dijual,”. Ungkapnya

Syarat utama hidroponik ini memang pada ketersediaan air, yang bisa berasal dari sumur bor, sisa buangan AC dan bahkan bisa menggunakan air PDAM. Untuk penyemaian bibit, ia biasa menggunakan bahan yang disebut rockwool, yang bisa dibeli di toko tani atau online. Media lain adalah sekam bakar, sabuk kelapa, dan bahan-bahan lain yang sifatnya lembab. (KIMDLG-012).

Share | | | |

Tags: Dalung Kabupaten Badung

Comment Form is loading comments...
READ NEWS
Tgl : 01 Oct 2020 | Jam : 12:10:49
Ida Ratu Niang Sakti, Pemurah ...

laptop acer

Penawaran Rp.40,000,000.00
  • Dikunjungi oleh : 416483 Org
  • IP address : 18.208.202.194
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
Tanggal Login: 01-10-2020
Sekilas Tentang Dalung ( 5000k liked)

Type your best E-mail Address