STYLE OPTIONS

10 Predefined Color Schemes

CHOOSE YOUR COLOR SKIN


CHOOSE YOUR LAYOUT STYLE

Patterns for Boxed Version

Images for Boxed Version


×

Karang Sari, Manfaatkan Pekarangan Rumah Lebih Indah

berita 1771 kali 13 Feb 2021 08:02:18


DALUNG (07/02/2021) - Salah satu dari 10 Program Pokok PKK bidang pangan adalah pemanfaatan lahan pekarangan. Atau bisa disebut dengan menciptakan Hatinya PKK (Halaman Asri Teratur Indah Nyaman). Halaman merupakan sisa pekarangan setelah dikurangi bangunan. Halaman bisa terbagi tiga yaitu halaman belakang, halaman sampinng dan halaman depan rumah. Meskipun halaman inin tidak luas, bisa dimanfaatkan dengan tanaman yang menghasilkan uang maupun keindahan (bunga) dan sebagainya. Asri artinya secara keseluruhan tanaman di halaman harus serasi, selaras, seimbang dengan bangunan sehingga bisa menghasilkan uang dengan kesejukan hati semua yanng memandang. Teratur artinya di dalam menanam tanaman dipekarangan harus teratur sedemikian rupa, sehingga tidak tumpang tindih dalam kebutuhan sinar matahari. Misalnya antara tanaman yang rimbun, tinggi dan rendah, jarak tanam .Salah satunya adalah Tanaman Karang Sari.

Karang Sari artinya lahan pekarangan yang ditanami dengan berbagai jenis tanaman bunga, seperti salah satu penerima bantuan Hatinya PKK dari Kabupaten Badung yang berada di Banjar Pendem, Desa Dalung yaitu keluarga dari I Nyoman Triana, beliau mengatakan setelah mendapat bantuan tersebut beliau merasa sangat terbantu, selain bisa mengisi waktu luang, bisa juga sebagai ajang kreativitas, dan bahkan bisa sampai menjadi sumber pemasukan bagi keluarga tersebut. Ada beberapa jenis tanaman Karang Sari yang diberikan bantuan oleh Pemerintah Kabupaten Badung adalah jenis Bunga Gumitir, Bunga Sandat dan lain lainnya. Beberapa fungsi Tanaman Karang Sari adalah selain sebagai sarana upacara keagamaan bisa juga dipakai sebagai hiasan untuk mempercantik pekarangan rumah, baik itu karangan bunga, dan lain sebagainya.

Sementara itu saat melakukan kunjungan, Ketua TP PKK Desa Dalung Ni Nyoman Suartini beserta Ka.Si Pelayanan Desa Dalung Ni Luh Suastiari, S.H mengatakan rumah Hatinya PKK itu diberikan bantuan dalam penanganan Covid-19 untuk ketahanan pangan, maka dari itu diberikan tanaman seperti dapur hidup dengan harapan karena sudah tidak mempunyai pekerjaan tetap lagi, jadinya bisa untuk kebutuhan di dapur dan bisa mengurangi pengeluaran dalam keluarga, kalau bisa sih biar bisa sampai di jual seperti pisang cavendish dan kalau sebagai kebutuhan upacara sendiri, dan alangkah baiknya bisa sampai dijadikan pemasukan. Untuk di Desa Dalung masing-masing desa dan kelurahan mendapatkan masing masing 1 bantuan persyaratannya itu harus yang benar benar terdampak Covid-19. “Harapan saya dengan adanya bantuan ini bisa membantu perekonomian keluarga dan supaya bisa meningkatkan kreativitas dalam bercocok tanam, supaya waktu yang terbuang itu bisa bermanfaat baik untuk bercocok tanam dan lain sebagainya,”. Ungkapnya. (KIMDLG-001).

Share | | | |

Tags: Dalung Kabupaten Badung

Comment Form is loading comments...
READ NEWS
Tgl : 28 Jul 2021 | Jam : 13:07:07
Ida Ratu Niang Sakti, Pemurah ...
  • Dikunjungi oleh : 683173 Org
  • IP address : 3.229.142.104
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
Tanggal Login: 28-07-2021
Sekilas Tentang Dalung ( 5000k liked)

Type your best E-mail Address