STYLE OPTIONS

10 Predefined Color Schemes

CHOOSE YOUR COLOR SKIN


CHOOSE YOUR LAYOUT STYLE

Patterns for Boxed Version

Images for Boxed Version


×

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Warmadewa Kampanyekan Penggunaan Eco Enzyme

berita 27 kali 06 May 2021 02:05:36


DALUNG (27/04/2021) - Cairan Eco enzyme mulai digunakan sebagai cara untuk membersihkan kolam oleh Mahasiswa Universitas Warmadewa yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Wayan Muliawan sebagai pembimbing Kuliah Kerja Nyata(KKN) menyampaikan Eco enzyme pertama kali ditemukan di Thailand oleh seorang Doktor Pertanian. Beliau selama 30 Tahun menyelidiki tentang bagiaman sampah organik agar dapat dimanfaatkan, dan beliau merumuskan proses pembuatan Eco enzyme sederhana sekali yakni perbandingan 1 : 3 : 10. Perbandingan 1 itu adalah gula, 3 itu bahan organik termasuk buah buahan atau sayur , dan 10 itu air. Bahan organik yang akan digunakan tersebut tidak boleh berjamur, dan terlalu berlemak seperti durian, dan alpukat. Proses fermentasi akan berlangsung selama 3 bulan. Bulan pertama akan dihasilkan alkohol , bulan kedua akan dihasilkan asam asetat, dan bulan ketiga akan dihasilkan enzyme. Setelah Ezo enzym jadi selanjutnya adalah tahapmelakukan F2. F2 adalah mengaplikasikan enzim murni ditambah dengan bahan – bahan yang kita perlukan. Contohnya obat – obatan yang sering kita temui yakni, daun piduh dan binahong. Dimana kedua tumbuhan ini bermanfaat untuk luka yang dapat digunakan untuk fermentasi. Kemudian ditambah juga dengan propolis.

Tentunya Eco enzyme memiliki segudang manfaat, yakni dapat digunakan untuk pembersih lantai, kamar mandi, pupuk, pengeringan luka dikulit dan pembersihkan kolam ikan. “Harapan saya pelaksanaan KKN ini dapat berjalan dengan berjalan lancar, dapat membangun koordinasi yang baik antara kepala desa, bendesa adat, dan dinas. Saya berharap kita dapat mengubah mindset kata “sampah”, menjadi kata “bahan organik” yang tentunya dapat dimanfaatkan.,". Pungkasnya

Saat diwawancarai Pande Nyoman sebagai ketua KKN Universitas Warmadewa menyatakan bahwa persiapan yang dibutuhkan dalam pembuatan Eco enzyme dimulai dari pengumpulan bahan organik seperti buah – buahan dan sayuran, kemudian Pande juga melakukan pembagian perdivisi dalam pembuatan Eco enzyme ini. (KIMDLG-020)

Share | | | |

Tags: Dalung Kabupaten Badung

Comment Form is loading comments...
READ NEWS
Tgl : 14 Jun 2021 | Jam : 10:06:52
Ida Ratu Niang Sakti, Pemurah ...
  • Dikunjungi oleh : 642169 Org
  • IP address : 3.236.117.38
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
Tanggal Login: 14-06-2021
Sekilas Tentang Dalung ( 5000k liked)

Type your best E-mail Address