STYLE OPTIONS

10 Predefined Color Schemes

CHOOSE YOUR COLOR SKIN


CHOOSE YOUR LAYOUT STYLE

Patterns for Boxed Version

Images for Boxed Version


×

Sosialiasi Manfaat Ampas Eco Enzyme Sebagai Sabun Cuci

berita 99 kali 06 May 2021 02:05:27


DALUNG (02/05/2021) – Pemanfaatan ampas eco enzyme sebagai sabun cuci yang bermanfaat bagi rumah tangga diselenggarakan oleh KKN-PPM Covid-19 Universitas Warmadewa bertujuan untuk mengurangi sampah limbah dan bisa diambil ampas eco enzyme agar menjadi sabun cuci. Bertempat di Wantilan Widya Mandala Utama, Pura Dalem Gede Desa Adat Dalung kegiatan ini dihadiri oleh I Wayan Muliawan Sebagai Narasumber Dosen Pembimbing, Bendesa Adat Dalung Ir. I Nyoman Widana, Perwakilan WHDI Desa Adat Dalung, Satgas Gotong Royong Pencegahan Covid-19 Desa Adat Dalung. Kegiatan ini berjalan dengan lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Cara membuat sabun cuci ialah Resep modifikasi = SABUN CAIR 10 bagian air +3 bagian sisa buah / sayuran (KECUALI nanas dan cabe karena akan membuat kulit kering dan pedas) +1 bagian gula +1 bagian lerak kering tanpa biji Hasil akhir Eco-Enzyme masih perlu diencerkan dengan air sebelum digunakan. Penggunaan pada aplikasi sehari-hari yaitu : Membersihkan kompor dan areal dapur = EE (Eco Enzyme) + sabun + air = 1:1:5 atau 10 ialah membantu membersihkan minyak dan sabun cuci pakaian = EE (Eco Enzyme) + sabun + air = 1:500 – 1000 ialah menghilangkan noda dan mempertahankan warna kain. Maka dari itu Mahasiswa KKN Universitas Warmadewa mensosialisasikan manfaatnya kepada masyarakat karena banyak manfaatnya.

Dalam penyampainnya dosen pembimbing lapangan yang juga sebagai narasumber mengatakan bahwa ampas dari eco enzyme ini sangat bermanfaat juga seperti dalam pembuatan sabun cuci pakaian, sabun cuci piring, membersihkan areal dapur, mengepel lantai, sabun mandi dan banyak lainnya manfaatnya bagi kesehatan juga. Walaupun tidak ada busa tetapi dari pembuatan sabun ini efektif dalam sesuai fungsi dan kegunaan serta takaran yang telah ditentukan. “Harapan saya sampah limbah rumah tangga berkurang dengan adanya pendauran ulang dengan cara membuat eco enzyme dan ampasnya pun ada manfaatnya, serta yang ikut dalam kegiatan sosialisasi ini dapat menyebarkan informasi ini kepada masyarakat Desa Dalung.” Tutupnya

Pande Nyoman Jaya Budiarta Selaku Ketua KKN-PPM Covid-19 Desa Dalung Universitas Warmadewa tahun 2021 mengatakan bahwa kami selaku penyelenggara kegiatan sosialisasi sangat berterimakasih kepada pihak yang ikut dalam kegiatan ini, walaupun ada sedikit kendala dalam persiapan bahannya tetapi masih bisa kita handle dengan baik sehingga kegiatan berjalan lancar. “Harapannya semoga apa yang sudah diberikan materi eco enzyme dan pengaplikasiannya semoga dapat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat sehari-hari.” Pungkasnya (KIMDLG-019)

Share | | | |

Tags: Dalung Kabupaten Badung

Comment Form is loading comments...
READ NEWS
Tgl : 14 Jun 2021 | Jam : 10:06:28
Ida Ratu Niang Sakti, Pemurah ...

handphone

Penawaran Rp.1,000,000.00
  • Dikunjungi oleh : 642116 Org
  • IP address : 3.236.117.38
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
Tanggal Login: 14-06-2021
Sekilas Tentang Dalung ( 5000k liked)

Type your best E-mail Address