STYLE OPTIONS

10 Predefined Color Schemes

CHOOSE YOUR COLOR SKIN


CHOOSE YOUR LAYOUT STYLE

Patterns for Boxed Version

Images for Boxed Version


×

Menjaga Lingkungan, Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga Menjadi Eco Enzyme

berita 20 kali 06 May 2021 02:05:37


DALUNG (02/05/2021) – Kegiatan yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN-PPM Covid-19 Universitas Warmadewa tentang pemanfaatan eco enzyme yang dimana menggunakan limbah rumah tangga agar menjadi eco enzyme yang berguna untuk menjaga dan mengurangi limbah yang ada di lingkungan sekitar kita. Kegiatan ini bertempat di Wantilan Widya Mandala Utama, Pura Dalem Gede Desa Adat Dalung yang dihadiri oleh Sebagai Narasumber Dosen Pembimbing I Wayan Muliawan, Bendesa Adat Dalung Ir. I Nyoman Widana, Perwakilan WHDI Desa Adat Dalung, Satgas Gotong Royong Pencegahan Covid-19 Desa Adat Dalung. Kegiatan ini berjalan dengan lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Dengan membuat ECO-ENZYME, kita telah mengolah sebagian besar sampah kita dan mengurangi beban TPA. Perlu diketahui Eco-Enzyme dikembangkan oleh Dr. Rosukon Poompanvong pendiri Asosiasi Pertanian Organik Thailand, yang melakukan penelitian sejak tahun 1980-an. eco enzyme adalah alternatif alami dari Bahan kimia sintetis berbahaya di rumah. Dengan membuat Eco-Enzyme, kita mengurangi Produksi limbah kimia sintetis dan sampah plastik sisa kemasan produk rumah tangga dan juga Pabrikan. Eco-Enzyme merupakan fermentasi dari gula merah atau molase, sisa buah/sayuran dan air.

Dalam penyampainnya Dosen Pembimbing I Wayan Muliawan mengatakan pembuatan eco enzyme ini membutuhkan waktu selama 3 bulan lamanya agar mendapatkan hasil yang bagus dan sesuai, tetapi disini saya langsung pengaplikasiannya bahannya sudah disiapkan jauh-jauh hari karena disini kita hanya mensimulasikan saja. Eco-Enzyme yang baik memenuhi persyaratan: pH di bawah 4.0 dan Aroma asam segar khas fermentasi. Langkah membuatnya yaitu : 1. Bersihkan wadah dari sisa sabun atau bahan kimia. 2. Ukur volume wadah. 3. Masukkan air bersih sebanyak 60% volume wadah. 4. Masukan gula sesuai takaran, yaitu 10% dari berat air. 5.Masukkan potongan sisa buah dan sayuran, yaitu 30% dari berat air, lalu aduk rata. 6. Tutup rapat, Beri label tanggal pembuatan dan tanggal panen, Selama 1 minggu pertama, buka tutup wadah untuk membuang gas lalu aduk di hari ke-7, aduk di hari ke-30 (kecuali jika ada Mama Enzyme). Itu cara pembuatan eco enzyme secara proses panjang. “Harapan saya semoga dengan adanya kegiatan ini masyarakat dapat mengaplikasikannya pada kehidupan sehari-harinya dan mengurangi limbah rumah tangga.” Pungkasnya (KIMDLG-019)

Share | | | |

Tags: Dalung Kabupaten Badung

Comment Form is loading comments...
READ NEWS
Tgl : 13 Jun 2021 | Jam : 22:06:52
Ida Ratu Niang Sakti, Pemurah ...

laptop acer

Penawaran Rp.40,000,000.00
  • Dikunjungi oleh : 642031 Org
  • IP address : 3.236.117.38
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
Tanggal Login: 14-06-2021
Sekilas Tentang Dalung ( 5000k liked)

Type your best E-mail Address