STYLE OPTIONS

10 Predefined Color Schemes

CHOOSE YOUR COLOR SKIN


CHOOSE YOUR LAYOUT STYLE

Patterns for Boxed Version

Images for Boxed Version


×

Pentingnya Keberadaan SP4N LAPOR! Bagi Pemerintah Daerah

berita 38 kali 26 May 2021 11:05:00


DALUNG (26/05/2021) – Bertempat di Ruang Sekar Jepun Kantor Camat Kuta Utara, Sosialisasi kegiatan Penguatan Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik di Tingkat Nasional dan Pemerintah Daerah, SP4N LAPOR! (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat) oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Badung bekerjasama dengan Inspektorat Kabupaten Badung dihadiri oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Badung I.G.N Gede Jaya Saputra, S.Sos, M.A.P., Narasumber dari Inspektorat Kabupaten Badung Bp. Made Dibya, Bp. Adi Berata, dan Ibu. Yuni, Camat Kuta Utara I Putu Eka Parmana, S.STP., M.M, Koordinator SP4N Kabupaten Badung Putu Nomy Yasinta, S.Sos, M.PA. Perbekel Dalung I Gede Putu Arif Wiratya, S.Sos serta Perbekel/Luruah se - Kecamatan Kuta Utara dan KIM Desa Dalung, Tibubeneng, Canggu. Kegiatan ini dilaksanakan guna mensosialisasikan Sistem Pengelolaan SP4N-LAPOR! di Kecamatan Kuta Utara dan berjalan lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Dalam pemaparannya narasumber dari Inspektorat Kabupaten Badung menyampaikan terkait dengan pengelolaan LAPOR!, karena ini merupakan salah satu tugas kita sebagai aparatur pelayanan publik untuk memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat salah satunya memberikan kepuasan terhadap pengaduan. LAPOR! Ini adalah layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan rakyat online yang dikelola oleh Kantor Staf Kepresidenan telah ditetapkan sebagai Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) dapat melalui Website, SMS, twitter, dan aplikasi android, berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 3 tahun 2015. Untuk di Kabupaten Badung pelaksanaan LAPOR! ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2017 berkoordinasi dengan Dinas Kominfo Kabupaten Badung akhirnya kami bisa mensosialisasikannya secara masif, ketentuan ini mengamanatkan seluruh kabupaten, pemerintah daerah dan lembaga di Indonesia wajib menggunakan LAPOR! Sebagai satu-satunya sistem pengaduan publik yang ada di Indonesia, mengenai sistem pelaporan yang sudah ada di Kabupaten maupun Kecamatan itu wajib diintegrasikan ke LAPOR SP4N karena pemerintah pusat ingin mengawasi pemerintah daerah khususnya untuk pengelolaan pengaduan. Pemerintah pusat ingin memberikan kebebasan masyarakat terkait dalam hal pengaduan ini, apabila dalam 3 hari pengaduan tersebut tidak ditindaklanjuti maka admin berhak memperingati perangkat daerah yang tidak menindaklanjuti pengaduan tersebut. Itu merupakan salah satu jaminan kepuasan bagi para pelapor, bahwa semua pengaduannya akan ditindaklanjuti. Karena LAPOR! Ini sudah terkoordinasi dengan kementerian juga kepolisian, keimigrasian, dll. Apabila pengaduan itu tidak ditindaklanjuti akan ditarik oleh Ombudsman “Harapan kami LAPOR! Ini bisa digunakan sebaik-baiknya untuk menyampaikan aspirasi maupun pengaduan layanan yang ada di Indonesia. Itulah komitmen Kabupaten Badung mengenai kepuasan terhadap masyarakat. Jadi semua pengaduan akan ditindaklanjuti atau kami disposisikan sesuai dengan substansi pengaduannya ke perangkat daerah yang sesuai,”. Pungkasnya.

Sementara itu salah seorang staf Ka.Si Pemerintahan dari Desa Tibubeneng menambahkan layanan SP4N LAPOR! Sangat baik, hanya saja informasi nya kepada masyarakat belum sampai secara menyeluruh jadi bisa bekerja sama dengan admin media sosial yang ada di Kabupaten Badung khususnya untuk mempublikasikannya bisa dalam bentuk video atau tata cara bagaimana menggunakan SP4N LAPOR ini, dan juga di masing-masing desa/kelurahan disiapkan admin/yang mengelola agar LAPOR ini mengenai permasalahan di desa/kelurahan yang ada seperti jalan, kebersihan, dll cepat terkoordinasi. “Sistem ini sangat baik, kedepannya agar bisa digunakan masyarakat dalam menyampaikan aspirasi maupun pengaduan untuk menjadi lebih baik dalam kinerja pelayanan publik,”. Tutupnya. (KIMDLG-002).

Share | | | |

Tags: Dalung Kabupaten Badung

Comment Form is loading comments...
READ NEWS
Tgl : 28 Jul 2021 | Jam : 13:07:07
Ida Ratu Niang Sakti, Pemurah ...

laptop acer

Penawaran Rp.40,000,000.00
  • Dikunjungi oleh : 683169 Org
  • IP address : 3.229.142.104
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
Tanggal Login: 28-07-2021
Sekilas Tentang Dalung ( 5000k liked)

Type your best E-mail Address