STYLE OPTIONS

10 Predefined Color Schemes

CHOOSE YOUR COLOR SKIN


CHOOSE YOUR LAYOUT STYLE

Patterns for Boxed Version

Images for Boxed Version


×

Penampilan Memukau Tari Tenun Banjar Padang Bali

berita 1018 kali 05 Feb 2020 02:02:56


DALUNG (26/01/2020) – Malam Siwaratri di Desa Adat Dalung diisi dengan Pentas Budaya yang menampilkan tari-tarian dari masing-masing Banjar Adat di Desa Adat Dalung dengan mengusung tema “Pentas Seni Budaya Desa Adat Dalung Pinaka Pamikukuh Ngajegang Sesana, Adat Lan Agama Hindu Saha Nyuksamayang Smerti Ciwaratri Ring Angga Sarira Druwene”. Kegiatan ini dilaksanakan di wantilan Pura Dalem Desa Adat Dalung dari pukul 18.00 WITA. Antusiasme para masyarakat terlihat dari banyaknya masyarakat yang turut hadir meramaikan acara tersebut, tak terkecuali Ibu-ibu PKK Banjar Padang Bali yang menampilkan kebolehannya menari tari Tenun.

Tari Tenun merupakan salah satu tari kreasi dari Bali yang. Tarian ini meggambarkan kegiatan sehari-hari wanita Bali pada zaman dahulu. Cerita yang diangkat dalam tari Tenun ini menggambarkan tentang penenun-penenun wanita yang sedang membuat kain tenun dari alat sederhana, biasanya ditarikan oleh para wanita, sangat identik dengan gerakan yang khas dari seorang penenun. Dalam penyajiannya, gerakan dalam tarian ini dimulai dari para penenun yang memintal benang, mengatur benang di alat tenun, dan kemudian di akhiri dengan menenun. Sebagian besar gerakan dalam tari masih mengacu pada unsur-unsur tari klasik, tetapi sebagiannya lagi sudah ditambahkan dengan gerak-gerak imitatif yaitu saat penenun mengerjakan pekerjaannya, seperti sedang memintal benang sampai menenun. Tari ini secara tidak langsung menggambarkan bahwa Bali memiliki kebudayaan dan kegiatan yang unik dalam kehidupan bermasyarakat. Selain itu, tari Tenun juga berfungsi untuk melestarikan kebudayaan tenun-menenun yang ada di Bali. Dan tari ini diciptakan oleh I Nyoman Ridet dan I Wayan Likes pada tahun 1962

Terlihat dalam penampilan di Wantilan Pura Dalem Desa Adat Dalung Ibu-ibu PKK dari banjar Padang Bali ini sangat gemulai dalam menarikan tari Tenun ini, Kelian Dinas Banjar Padang Bali, I Gede Mustika, S.E mengatakan untuk dibanjar Padang Bali para penari terdiri dari 5 orang ibu-ibu PKK dan pemilihan tari ini dipilih karena menampilkan gerakan yang indah dan para penari dibanjarnya sudah pernah menampilkan tarian ini. Ibu-ibu PKK banjar Padang Bali dalam berlatih sampai hari H selama kurang lebih 1 bulan di ambil 8x latihan atau seminggu 2x setelahnya itu gladi dan pentas.
melalui Pentas Seni dan Budaya yang di programkan oleh Desa Adat Dalung dalam perayaaan Siwaratri ini saya sangat mendukung, ditengah kesibukan ibu-ibu PKK juga memberikan dan memotivasi PKK untuk ngayah dan kedepannya agar di pentaskan juga untuk seluruh banjar di Desa Dalung supaya kegiatan ibu-ibu PKK lebih banyak”. Pungkasnya. (KIMDLG-002) (015).

Share | | | |

Tags: Dalung Kabupaten Badung

Comment Form is loading comments...
READ NEWS
Tgl : 28 Jul 2021 | Jam : 15:07:00
Ida Ratu Niang Sakti, Pemurah ...

Iphon 5

Penawaran Rp.2,000,000.00
  • Dikunjungi oleh : 683229 Org
  • IP address : 3.229.142.104
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
Tanggal Login: 28-07-2021
Sekilas Tentang Dalung ( 5000k liked)

Type your best E-mail Address