STYLE OPTIONS

10 Predefined Color Schemes

CHOOSE YOUR COLOR SKIN


CHOOSE YOUR LAYOUT STYLE

Patterns for Boxed Version

Images for Boxed Version


×

Cikrabala Bhuta Kala Anja-anja, Persembahan Sekaa Teruna Br. Camas Kauh

berita 664 kali 23 Mar 2020 12:03:40


DALUNG (20/03/2020) – Pemurtian Dewa Siwa dalam menciptakan alam semesta meminta bantuan kepada 5 putra beliau yang disebut Panca Korsika, mula-mula beliau mengutus 4 putra-Nya yaitu Sang Korsika, Sang Maitri, Sang Garga dan Sang Kurusya namun dalam melaksanakan tugas mereka gagal, karena kegagalan tersebut Dewa Siwa mengutuk putranya menjadi Bhuta Kala. Kemudian Siwa mengutus putranya yang terakhir yaitu Sang Pretanjala, saat ia diberi tugas ia memohon bantuan kepada Dewi Uma. Maka Dewi Uma dan Sang Pretanjala menciptakan Bhuana Agung, yang sebelumnya Dewi Uma berubah menjadi Bhatari Durga dan Sang Pretanjala menjadi Mahakala. Memecah dirinya menjadi panca durga dan panca korsika mereka berdualah yang menciptakan panca maha bhuta maupun bhuta kala yang menempati segala ruang dan waktu. Demikian Bhuta Kala “Anja-anja atau Cikrabala” berwujud binatang berkaki empat berkepala raksasa, bertaring besar dan rambut terurai. Bhuta Anja-anja termasuk kelompok cikrabala yang bertugas alam dan gerbang akherat di Barat Daya.

Dari sepenggal kisah tersebut ST. Aryasatya Adyatama Banjar Campuan Asri Kauh mengangkap konsep dan judul ogoh-ogohnya di tahun 2020 ini. Dalam proses penggarapan ogoh-ogoh ini dikerjakan selama kurang lebih 1 bulan mulai dari konsep hingga ogoh-ogoh ini rampung.

I Putu Gede Eka Handryana Putra selaku koordinator ogoh-ogoh di banjar Camas Kauh mengatakan untuk tahun ini dalam pemilihan konsep ogoh-ogoh yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena sebagian besar ogoh-ogoh berwujud raksasa dan manusia, untuk ogoh-ogoh dibanjar camas kauh mengkonsepkan kolaborasi wujud manusia dengan hewan, suka duka dalam proses pembuatan ogoh-ogoh tentunya ada disisi lain kondisi masyarakat yang heterogen kadang pemuda/i terbentur pekerjaan, tugas dll. Namun itu tidak mengurangi semangat kami dalam menggarap ogoh-ogoh ini meski dalam pembuatannya terkadang begadang namun rasa kekompakan, gotong royong sangat terasa selama proses pembuatan ogoh-ogoh ini.
Harapan saya selaku pemuda ditahun-tahun berikutnya kami dapat berinovasi lebih, terimakasih kepada pemerintah dalam hal ini di Kabupaten Badung selalu mensuport pemuda/banjar dapat berkreasi melalui ogoh-ogoh ini.”. Tuturnya. (KIMDLG-002).

Share | | | |

Tags: Dalung Kabupaten Badung

Comment Form is loading comments...
READ NEWS
Tgl : 28 Jul 2021 | Jam : 15:07:00
Ida Ratu Niang Sakti, Pemurah ...

Iphon 5

Penawaran Rp.2,000,000.00
  • Dikunjungi oleh : 683225 Org
  • IP address : 3.229.142.104
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
Tanggal Login: 28-07-2021
Sekilas Tentang Dalung ( 5000k liked)

Type your best E-mail Address