STYLE OPTIONS

10 Predefined Color Schemes

CHOOSE YOUR COLOR SKIN


CHOOSE YOUR LAYOUT STYLE

Patterns for Boxed Version

Images for Boxed Version


×

Bhagawan Rama Parasu, Karya Bina Putra Yowana Br. Bhinus Kangin

berita 237 kali 23 Mar 2020 12:03:09


DALUNG (20/03/2020) – Rama Parasu adalah seorang bhagawan yang memiliki ilmu kebatinan dan ilmu bela diri yang sangat dikagumi dimasa perang Bharata Yudha. Parasurama merupakan ciranwijin yang memiliki sumpah akan membasmi seluruh kaum ksatria, Parasurama memiliki satu orang murid dari kaum ksatria yang sangat ia sayang bernama bisma. Singkat cerita dalam perjalanannya ia bertemu seorang perempuan bernama Anja yang sedang bersedih , parasurama pun menghampirinya dan ia berkata ingin betemu dengan parasurama karena ingin membalaskan dendamnya kepada bisma karena telah menganiayanya. Mendengar hal tersebut parasurama memanggil bisma, dalam pertemuan tersebut pertempuran hebat tidak bisa dielakan, mereka berdua saling mengadu kesaktiaannya bahkan hingga 13 hari pertempuran tidak ada satupun yang kalah, sampai pada akhirnya Parasurama sadar akan kesetiaan muridnya kepada dirinya.

Kisah Parasu Rama menginspirasi Sekaa Teruna Bina Putra Yowana Banjar Bhineka Nusa Kangin dalam memvisualisasikannya dalam konsep dan judul ogoh-ogoh tahun caka 1942, dengan menghabiskan waktu 1,5 bulan ogoh-ogoh ini dibuat mulai dari konsep hingga proses penggarapan, dilakukan di balai banjar Bhineka Nusa Kauh.

Ketua panitia/koordinator ogoh-ogoh Arwin Darmayasa dari Br. Bhinus Kangin mengatakan selama proses pembuatan suka duka itu pasti ada selama pembuatan ogoh-ogoh karena banjar bhinus kangin masyarakatnya heterogen, ada yang bekerja, sekolah dll sedikit yang membantu namun ketika hari libur pemuda pemudi ikut bergotong royong membuat ogoh-ogoh ini. “Saya selaku koordinator, pertama-tama mengucapak terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Badung yang telah memberikan suport dan dukungan kepada generasi mudanya di banjar, semoga dalam melestarikan tradisi, budaya bali ini seluruh generasi muda bahu membahu dalam melestarikannya, jangan sampai tidak ada yang melanjutkannya karena kalau bukan kita siapa lagi?,”. Tuturnya. (KIMDLG-002).

Share | | | |

Tags: Dalung Kabupaten Badung

Comment Form is loading comments...
READ NEWS
Tgl : 28 Jul 2021 | Jam : 13:07:07
Ida Ratu Niang Sakti, Pemurah ...

suma

Penawaran Rp.1,000.00
  • Dikunjungi oleh : 683113 Org
  • IP address : 3.229.142.104
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
Tanggal Login: 28-07-2021
Sekilas Tentang Dalung ( 5000k liked)

Type your best E-mail Address